Cermin

Sahabat adalah cerminan atas dirimu. Mungkin tak asing lagi kalimat itu untuk kita. Suatu ketika, aku pernah membaca tulisan, entah kapan, dari salah seorang ustad ternama, ”Karena Sahabat adalah cerminan dari dirimu, maka ketika kamu berkaca dan melihat ada yang salah dalam cermin itu, sadarilah bukan cermin itu yang salah, tetapi dirimulah yang seharusnya diperbaiki.” Kurang lebih seperti itu. Huftth, sejenak termenung! Ketika beberapa hari yang lalu, Aku mendapatkan sebuah sms dari seorang temanku, ikhwan pula. Cukup kaget waktu ngebacanya! Dia memberitauku, lebih tepat menegurku mungkin. Bahwa si fulanah itu (sahabatku), mbok iya o dinasehatin, biar lebih syar’i lagi………………bla..bla!! Sebegitukah perhatiannya ia pada sahabatku? Karena fulanah adalah sahabatku dan juga sahabatnya. Aku langsung menangkap apa yang ia maksudkan. Kemudian akupun membalasnya, “Aku ini memang sahabatnya, tapi nggak kurang-kurangnya aku memberi masukan atau nasehat, udah gede harusnya tau mana yang baik mana yang enggak!”, pernyataanku berbalas, “Oh, tak kira kamu diem aja,masak ya harus aku yang ngomong, jangan sampai lah!”. Jujur, saat itu aku berpikir, kenapa harus aku? Kan temen deketnya nggak cuman aku!

Semalam…,yah, aku baru menyadarinya! Aku teringat kata mutiara dari sang Ustad! Astagfirullah, dengan entengnya kemarin aku menjawab seperti itu, bukankah “aku” ini yang seharusnya diperbaiki ? Karena pantulannya adalah dari diri ini. Allah menegurku, untuk me-muhasabah diri ini, untuk memperbaikinya lagi. Terima kasih kawan!

Mengingatkan bila lupa…Menyegarkan bila lesu…Menggairahkan bila malas…Memicu fastabiqul khairat…Mendukung langkah dan perbaikan diri…Selalu mendokan. Itulah sahabat yang sesungguhnya!

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

1 komentar:

AndiDzar mengatakan...

Bingung mo komen apa aq fi.
lah wong yg mo q tulis sdh kmu tulis smua itu hehehe.
aq jd inget jg kata ustad wktu kul dlu "klo berteman ada 2 pilihan, terwarnai atau mewarnai. jadi pinter2 cari tempat tumbuh" hehehe